Senin, 16 April 2012

3 macam jenis jaringan komputer..


Ada 3 macam jenis Jaringan komputer yaitu :

a. Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.

         LAN adalah jaringan kecepatan tinggi yang secara geografi mencakup area yang relative sempit atau jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di jadikan sebuah file server. 
        Yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer-komputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

b. Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan Area Metropolitan
       
       MAN adalah jaringan untuk sebuah kota atau sekumpulan gedung-gedung milik sebuah perusahaan atau kampus universitas dan dapat berperan seperti suatu ISP tetapi khusus untuk perusahaan tersebut, umumnya mengkoneksikan beberapa LAN menggunakan fiber optic. Sebuah MAN, umumnya jaringan kecepatan tinggi ukuran menengah antara LAN dan WAN, biasanya mencakup suatu area berdiameter antara 5-50 km. misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau Surabaya.

c. Wide Area Network (WAN) / Jaringan Area Skala Besar
 
       WAN adalah jaringan komunikasi data yang secara geografi mencakup area yang sangat luas, lingkup regional/ nasional/ global, dan sering menggunakan fasilitas transmisi umum seperti telepon dan juga biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.WAN menginterkoneksi banyak LAN dan WAN dengan berbagai teknologi,misalnya T1, T3, ATM, ISDN, ADSL, Komponen jaringan komputer masa kini umumnya terdiri atas : server, workstation (WS), network interface card (NIC), connector & others, dan cable,biasanya dalam satu jaringan dikoneksi sejumlah workstation, PC, Printer, server, dan perangkat-perangkat lain sesuai kebutuhan.

Tipe jaringan menurut fungsi computer pada sebuah jaringan dibedakan menjadi 2 :
1. jaringan peer to peer
        Setiap computer yang terhubung pada jaringan peer to peer dapat saling berkomunikasi secara langsung tanpa melalaui computer perantara. Sumberdaya computer terbagi pada seluruh computer yang terhubung pada jaringan tersebut baik berupa perangakat keras, perangkat lunak maupun datanya. Secara prinsip sebuah computer pada jaringan peer topeer sebagai sebuah computer stand alone atau mampu bekerja sendiri. Komputer yang digunakan untuk jaringan peer to peer ini sebaiknya tersebut ditur dan dikontrol olehmasins masing computer dalam jarinagn tersebut. Tipe peer to peer sangat sesuai untuk membangun sebuah workgroup dimana setiap computer bias saling berbagi dalam pengguna perangkat keras computer dan tidak diperlukan pengaturan keamanan data di antara anggota workgroup tersebut.

2. jaringan client server
        Pada jaringan client server ini, ada satu lebih computer yang digunakan sebagai server sedabngkan computer computer yang lain digunakan sebagai client. Computer server mempunyai fungsi dan tugas melayani seluruh computer yang terdapat dalam jaringan tersebut. Sedangakan pelyanan yang diberikan computer server yaitu:
I. Disk sharing, berupa penggunaan kaapasitas disk secara bersama sama    pada qcomputer client
II. Print sharing, berupa pengguna perangkat printer secara bersama sama
III. Pengguna perangkat lain secra bersama baik itu data dan system aplikasi yang ada
IV. Mengatur keamanan jaringan dan data dalam jaringan
V. Mengatur dan mengontrol hak dan waktu akses perangkat yang ada pada jaringan.

Topologi dasar jaringan komputer.
Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network.

Ada 3 macam topologi jaringan:
a. Topologi Bus adalah jaringan yang memiliki hanya satu jalur transmisi di mana muara elemen jaringan terbuka di kedua ujung

b. Topologi Ring adalah jaringan yang memiliki hanya satu jalur transmisi
lingkaran tertutup.

c. Topologi Star adalah jaringan yang memiliki central node dan dengan dasar poin to point link elemen-elemen jaringan tersambung, sehingga transmisi berlangsung secara simultan.

Untuk mengakses sebuah jaringan digunakan metode, antara lain :
• Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection (CSMA/CD), setiap perangkat akan mendengarkan trafik saluran data, jika terjadi gap maka perangkat akan melakukan transmisi data.
• Control Token, bentuk polling terdistribusi, sebuah token akan lewat station satu per satu sebagai sinyal kepada station untuk mentransmisi data.

Untuk dapat mendownload atau merequest file lengkap yang dilampirkan pada setiap judul, anda harus menjadi special member, klik Register untuk menjadi free member di Indoskripsi.

Cara Menghubungkan Komputer dengan Jaringan Internet

1.  Melalui Jaringan
Untuk menghubungkan komputer dengan jaringan yang besar dapat digunakan jaringan yang lebih kecil yaitu LAN.cara penghubung komputer dengan internet melalui jaringan biasa digunakan untuk melayani pemakaian dengan jumlah yang banyak.contoh warnet,kampus,sekolah,perusahaan negeri maupun swasta dan lai-lain.
Sistem penghubung dengan jaringan adalah dengan menggunakan komputer sebagai server yang dihubungkan dengan penyedia jasa layanan internet melalui telpon baik kabel maupun non kabel.Sistem jaringan ini memiliki keuntungan bahwa biaya akses yang ditanggung akan lebih murah,karena biaya akses akan terbagi oleh banyaknya pemakai. 

2. Melalui saluran telepon langsung
Sistem sambungan yang lain adalah dengan dial up langsung,di mana modem langsung dihubungkan dengan jaringan telpon yang menghubungkan dengan jaringan internet. Kelebihan akses ini adalah memiliki jaringan yang luas.sedangkan kekurangannya adalah biaya akses yang relatif tinggi.

3. Melalui GPRS
GPRS adalah singkatan dari General Pocket Radio Service.Jaringan ini merupakan gelombang radio sebagai penghubung Komputer dengan jaringan internet.dengan menggunakan gelombang radio sebagai penghubung komputer dengan jaringan internet.dengan mengunakan gelombang radio maka akses dengan GPRS ini memiliki kelebihan yaitu akses dapat dilaksanakan walupun alat komunikasi atau user bergerak.dalam penghitungan biaya akses didasarkan banyaknya data yang diakses tanpa dibatasi lamanya waktu akses.dan untuk dapat mengakses melalui GPRS hanya dilakukan komputer dan telepon seluler yang dilengkapi fasilitas GPRS.Kekurangan dari GPRS adalah untuk mendapatkan koneksi internet,kita harus melalukan setting tertentu pada ponsel,padahal setiap merk handphone dan operator seluler memilki cara tersendiri untuk mengaktifkan GPRS.

4. Melalui WiFi (Wireless Fidelty)
WiFi adalah jaringan tanpa kabel yang mengunkan gelombang dengan frekuensi yang tinggi(2.4GHz).untuk menggunakan WiFi kita harus memiliki notebook dan PDA yang dilengkapi dengan kartu WiFi.Kelebihan WiFi adalah memliki kecepata akses yang tinggi yaitu 11Mbps.Sedangkan kekurangan dari WiFi adalah pemakaian harus berada pada daerah yang memiliki sinyal WiFi (Daerah Hot Spot)

5. Menggunakan TV Kabel
Kelebihan dari penggunaan jaringan TV kabel untuk akses internet adalah kita dapat melakukan akses internet setiap saat tanpa ada gangguan sepenuhnya jaringan telepon
Syarat aksess internet melalui TV kabel antara lain:
a. Berlangganan dengan penyedia layanan TV kabel yang memiliki layanan internet
b. Perangkat komputer standar yang dilengkapi dengan sistem operasi dan perangkat lunak lainnya yang mendukung akses internet.
c. Menggunakan modem khusus yang dirancang untuk TV kabel.
penggunaan mouse, bahkan sangat berguna bagi yang tidak menggunakan mouse, seperti di server misalnya yang hanya mengandalkan keyboard dan monitor.



1 komentar: